Rabu, 23 September 2020

HAEMOMETER (HAEMOGLOBINOMETER)

 Haemometer

(Komponen, Penggunaan, dan Pemeliharaan)


A. Definisi Haemometer

    Haemometer merupakan seperangat alat yang digunakan untuk mengukur kadar haemoglobin darah dengan metode kolometri visual yaitu membandingkan warna senyawa sampel dengan warna standard yang terdapat pada alat. Haemometer dikembangkan oleh sahli, sehingga instrumen ini sering disebut sebagai haemometer sahli.


B. Prinsip Kerja Haemometer Sahli

    Berikut ini akan dibahas mengenai metode hematin asam atau metode Sahli. Metode Hematin-Asam (Sahli) pada prinsipnya akan mengubah hemoglobin menjadi hematin asam, kemudian warna yang terjadi dibandingkan secara visual dengan standar dalam alat

C. Komponen Haemometer

    1). Standar Warna Sahli
Standar warna haemometer

        Standard warna merupakan salah satu komponen yang terdapat pada set alah haemometer yang berfungsi untuk membandingkan warna larutan uji (haemoglobin) dengan warna standar yang ada pada alat. Jika warna sampel diperkirakan sama dengan warna standar, selanjutnya tinggal menghitung kadar haemoglobin pada tabung sahli.

    2). Tabung Sahli


Tabung Sahli

        Tabung sahli merupakan komponen set alat haemoglobin yang berfungsi untuk mereaksikan antara sampel darah dengan reagen HCl 0,1 N. Pada tabung sahli ini juga terdapat skala yang menunjukan kadar haemoglobin darah dengan satuan gr%.

    3). Pengaduk


Batang Pengaduk

    Batang pengaduk berfungsi untuk menghomogenkan dan mempercepat reaksi sampel darah dan reagen HCl 0,1 N dalam tabung sahli. Batang pengaduk ini terbuat dari kaca, jika tidak hati hati dalam penggunaannya akan mengakibatkan batang pengaduk ini patah atau pecahnya tabung sahli.

    4). Sikat tabung

Sikat Tabung

    Sikat tabung pada komponen ini memiliki fungsi untuk mempermudah membersihkan tabung sahli dari sisa-sisa noda darah

    5). Botol reagen

botol reagen

    Botol reagen pada komponen ini berfungsi untuk menyimpan reagen yang digunakan dalam pemeriksaan haemoglobin (Hb) dengan metode sahli yaitu HCl 0,1 N dan juga tempat menyimpan Aquadets. Botol ini umumnya berwarna coklat dengan maksud untuk mengurangi penguraian reagen oleh sinar matahari langsung.

    6). Pippet Sahli
   

pippet sahli

    Pippet sahli berrfungsi untuk mengambil sampel darah. Pada pippet ini terdapat garis biru berskala 2. Pengambilan sampel darah menggunakan pippet sahli ini harus menggunakan aspirator sebagai alat bantu.

    7). Pippet Tetes

pippet tetes

    Pippet tetes pada komponen set alat haemometer ini berfungsi sebagai alat bantu untuk meneteskan reagen HCl 0,1 N dan aquadest ke dalam tabung sahli.

D. Cara Penggunaan Haemometer Sahli

    1). Tabung Hb meter (Sachli) diisi dengan Cloin sampai garis 2.
    2). Diisap darah dengan pipet sahli sampai garis 20 mm.
    3). Lalu dimasukkan dalam tabung sahli kemudian dikocok sampai terjadi warna coklat tua
    4). Diencerkan dengan air sampai warna cairan dalam tabung sama dengan warna batang tabung gelas disamping satuannya gram %.

    Hal yang harus diperhatikan
    1). Pada saat menghisap sampel darah tidak boleh ada gelembung udara
    2). Pada saat pembersihan pippet sahli dengan kapas harus hati hati jangan sampai mengurangi volume darah
    3). Lakukan pembilasan pippet dengan cara isap dan sembur pippet menggunakan cairan HCl 0,1 N yang terdapat pada tabung sahli
    4). Pada penambahan Aquadest jangan sampai menimbulkan gelembung gas
    5). Pembacaan Skala pada tabung sahli usahakan pada miniskus cekungnya.
    6). lakukan pembacaan pada tempat yang terang.


Anonim.2008.Pedoman Praktik Laboratorium Kesehatan Yang Benar (Good Laboratory Practice). DEPKES RI:  Dirjen Pelayanan Medik

Chailan, M. Biomed.2004. Pedoman Teknik Dasar Untuk Laboratorium Kesehatan Edisi 2.Jakarta :  EGC
\
Kiswari, Rukman.2014.Hematologi dan Transfusi.Jakarta:Erlangga

Yayuningsih, Dewi.2014.Laboratorium Kesehatan Dasar.Jakarta:EGC

0 comments:

Posting Komentar