Kamis, 08 Agustus 2019

Profil Laboratorium Klinik Kimia Farma Garut


PROFIL LABORATORIUM KLINIK KIMIA FARMA CABANG GARUT


A. Latar Belakang

Laboratorium klinik merupakan tempat melakukan berbagai macam pemeriksaan menggunakan spesimen medis (bahan) dari tubuh pasien untuk mendapat informasi kesehatannya baik secara kualitatif atau kuantitatif. Pemeriksaan di laboratorium klinik atau laboratorium medis dibagi menjadi beberapa bagian, seperti : hematologi, kimia klinik, urine (air kencing), imunoserologi, sputum (dahak), dan feses.

Laboratorium klinik kimia farma merupakan salah satu cabang dari PT. Kimia Farma Diagnostika memiliki 34 cabang di berbagai wilayah,yaitu di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, Bali, dan sulawesi. Laboratorium ini merupakan salah satu tempat pelayanan masyarakat untuk mengakses kesehatan setiap individu yang di rujuk dari dokter, Rumah sakit, atau tanpa rujukan/APS (atas permintaan sendiri) Laboratorium Klinik Kimia Farma cabang Garut berdiri sejak 21 Juli 2007 yang beralamat di jalan Papandayan NO.13 (apotek wira prima) kemudian pindah dan bergabung dengan apotek Kimia Farma 377 pada tanggal 24 Desember 2010 di jalan Cimanuk NO.11 A Garut, dan pindah lagi ke gedung sebelahnya pada tanggal 09 Mei 2016 di Jalan Kabupaten Kelurahan Paminggir Garut

B. Letak Laboratorium

Laboratorium Klinik Kimia Farma terletak di bagian belakang Apotek Kimia Farma belokan jalan Kabupaten. Ruangan di Laboratorium Kimia Farma di bagi menjadi 5, diantaranya sebagai berikut.

1. Ruang pegawai.

2. Ruang administrasi.

3. Ruang pengambilan darah.

4. Ruang laboratorium.

5. Ruang radiologi.

C. Fasilitas Laboratorium

Fasilitas yang ada di Laboratorium cukup lengkap dan menggunakan alat canggih, diantaranya sebagai berikut.

1. Komputer

2. Telepon

3. Lemari

4. Printer

5. Pendingin ruangan (AC)

6. Vasilitas udara

7. Rak alat tulis

8. Kursi

9. Wastafel

10. Meja penelitian

11. Mikroskop

12. Centrifuge

13. Lampu

14. Kulkas reagen

15. Daftar prosedur kerja

16. Kalender

17. Jam dinding

18. Alat uji hematologi

19. Alat uji kimia klinik

20. Alat uji urinalisa

21. Alat uji elektrolik

22. Alat uji HBA1C

23. Alat uji troponin

24. Alat uji LED

25. Tempat sampah

D. Visi Laboratorium Klinik Kimia Farma

Visi adalah tujuan yang harus di capai, baik itu dari seorang individu, kelompok, perusahaan, institusi, dan lain lain. Visi dari Laboratorium Klinik Kimia Farma adalah sebagai berikut.

Menjadi jaringan Pelayanan Laboratorium Klinik Terbaik indonesia untuk mendukung kehidupan yang lebih sehat.

E. Misi Laboratorium Kimia Farma

Misi adalah cara bagaimana sebuah visi atau tujuan dari perusahaan bisa terwujud. Misi dari Laboratorium Klinik Kimia Farma adalah sebagai berikut.
  1. Menghasilkan pertumbuhan nilai perusahaan melalui perkembangan nilai bisnis layanan laboratorium klinik sesuai dengan kebutuhan pasar dan di dukung oleh teknologi, SDM dan prinsip Good Laboratory Practice.
  2. Menghasilkan pertumbuhan nilai perusahaan dengan mewujudkan kelengkapan layanan kesehatan yang terintegritas (one stop health care solution).

F. Kebijakan Mutu Laboratorium Klinik Kimia Farma

  1. Mengembangkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 secara berkelanjutan guna memenuhi persyaratan yang di tetapkan oleh pelanggan dan peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Memberikan pelayanan yang berkualitas, tepat waktu, pelayanan yang prima dengan harga kompetitif untuk mencapai kepuasan pelanggan.
  3. Menyidiakan pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

G. Alur Pelayanan Laboratorium Klinik Kimia Farma

Alur pelayanan klinik kimia farma dimulai dari pasien datang. Lalu pengambilan nomor antrian, pendaftaran dan administrasi, pengambilan sampel (sampling), pemeriksaan sampel, dan pemeriksaan hasil.

0 comments:

Posting Komentar